Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

cara merawat anggrek bulan agar daun cepat besar dan berbunga

 Halo sobat lihatin.id kali ini mimin ingin membagikan tips mengenai cara membuat tanaman hias anggrek bulan daunnya cepat besar dan cepat berbunga. mari kita kenalan dulu sama anggrek bulan, tanaman dengan nama latin Phalaenopsis amabilis ini sangat digemari oleh banyak orang kususnya ibu ibu.

walaupun bunga dari anggrek bulan ini tidak mengeluarkan bau yang kuat seperti mawar atau melati namun bentuk bunga dan corak warnanya yang indah membuat hati ingin selalu memandanginya. anggrek bulan ini bisa tumbuh subur di indonesia, apalagi di daerah dataran tinggi, namun kebanyakan orang menganggap bahwa merawat anggrek bulan ini sangat susah dan sulit. karena perawatan anggrek bulan ini harus mempunyai jiwa yang sabar dan telaten.


karena anggrek bulan ini tidak seperti tanaman bunga lain, anggrek bulan sedikit manja, seperti dia tidak mau mendapatkan air yang terlalu banyak sampe becek, si anggrek tidak mau mendapatkan sinar matahari langsung yang panjang dan media si anggrek ini juga harus bersih dari berbagai penyakit dan bakteri, karena anggrek bulan tidak mau menggunakan tanah. Adapun media tanamnya adalah seperti pakis, lalu mos dan arang.

nah langsung saja mimin lihatin.id akan memberikan informasi cara cepat untuk membuat daun anggrek bulan besar dan juga cepat berbunga. langsung saja..

1. Anggrek bulan harus tepat kondisi lingkungan

Maksudnya dalam perawatan anggrek bulan ini jangan asal menaruh di sembarang tempat, karena sifatnya yang manja jadi kita harus paham kondisi tempatnya. nah tips dari mimin usahakan menaruh ditempat yang tidak banyak terkena sinar matahari namun masih sedikit sedikit mendapatkan sinarnya 

2. Penyiraman Teratur dan Berhati hati

Maksud dari berhati hati adalah kita kalau nyiram tanaman anggrek ini tidak boleh sembarangan seperti kita menyiram tanaman seperti mawar atau melati. untuk tanaman anggrek bulan yang ada didalam pot dan berisi media seperti Mos apalagi mos putih kita harus tau seberapa banyaknya. karena sifat moss yang dapat menyimpan air jadi kalau terlalu banyak air nanti bakal busuk akarnya. usahakan tidak terlalu becek ya.

3. Pemupukan yang tepat

Tepat waktu, tepat takaran/dosis, tempat pemberiannya. 

 a. Tepat waktu untuk memupuk, kita harus tau kapan kita harus memupuk, karena kalau kita sering memupuk nanti hasilnya si anggrek tidak akan mau tumbuh atau bahkan mati. tapi kalau kurang pupuk si anggrek bulan ibarat anak kurang gizi, tips dari mimin lakukan pemupukan 2 minggu sekali untuk pupun daun, setelah dirasa daun sudah besar lakukan pemupukan untuk memacu bunga. gunakan pula pupuk organik buatan sendiri seperti campuran kuning telur pocaryswet dan lain lain.

  b. Tepat takaran, seperti yang mimin lihatin.id jelaskan pada poin a, kita harus tau takaran pupuk jangan kebanyakan dan jangan terlalu sedikit, kita harus tau mana kala kalau daun anggrek bulan masih kecil gunakan pupuk daun jangan terlalu banyak sesuaikan saja.

 c. tepat pemberian, lakukan pemberian di pagi atau di sore hari, kalau pupuk cair semprotkan dibawah daunnya, karena dibawah daun terdapat stomata atau mulut daun anggrek bulan.

4. Penggunaan Pot Plastik

kalau misal kalian menggunakan pot plastik seperti gambar dibawah ini: 

Pot Plastik Anggrek Bulan

maka kalian harus menambahi lubang baik disamping maupun dibawah pot. hal ini bertujuan untuk menyuplai udara masuk, karena sifat dari anggrek bulan akarnya ingin bebas mendapatkan udara. nah seperti contoh dibawah ini.

contoh pemberian lubang pada pot plastik anggrek bulan

Nah seperti itu kiranya sobat bagaimana cara meraat anggrek bulan, kalau kita teliti telaten dan sabar pasti akan mendapatkan hasil yang terbaik. sekian dari mimin lihatin.id tentang cara merawat anggrek bulan agar daun cepat besar dan berbunga terimakasih jangan lupa baca artikel lainnya di blog ini ya.

Posting Komentar untuk "cara merawat anggrek bulan agar daun cepat besar dan berbunga"